Wajib Dicoba, Ini Tips Menembus Universitas Ternama Dunia

JAKARTA RINTISBISNIS.COM – Seleksi masuk perguruan tinggi terkenal di luar negeri populer tidak mudah alhasil butuh perencanaan yang panjang serta matang.

Country Manager Crimson Education Indonesia berkata, pada Maret lalu, nilai umumnya penerimaan mahasiswa di 8 universitas Ivy League yakni Brown, Columbia, Cornell, Dartmouth, Harvard, Princeton, University of Pennsylvania, serta Yale, dikabarkan terendah dalam sejarah. Tingkatan penerimaan Harvard mengalami penyusutan dari 4, 9 persen pada 2020, kemudian turun jadi 3, 4 persen pada 2021, serta saat ini kian turun jadi 3, 19 persen pada 2022. Angka ini, tuturnya, merupakan rekor terendah semenjak didirikan 386 tahun lalu.

Yale serta Brown pula melaporkan rekor tingkatan penerimaan yang kecil dengan nilai 4, 6 persen serta 5. 4 persen, sedangkan Universitas Columbia tidak berubah dari tingkatan penerimaan 3, 7 persen tahun lalu, yang ialah rekor terendahnya pada saat itu. Cuma Dartmouth yang naik kecil dari tahun lalu di kisaran 6, 24 persen.

“ 3 sekolah Ivy League memilih untuk tidak memublikasikan tingkatan penerimaan tahun ini. Princeton, University of Pennsylvania, serta Cornell berkata mereka berambisi dapat menghilangkan tekanan pada mahasiswa yang diakibatkan tingkatan penerimaan satu digit,” ucapnya dalam statment tertulis, Selasa( 31/ 5/ 2022).

Bukan cuma akademi besar Ivy League yang dikala ini jadi semakin ketat persaingannya. Universitas- universitas teratas yang lain di AS serta Inggris tahun ini, semacam MIT, Stanford, Oxford, University College of London, UC Berkeley, California Institute of Technology juga mengatakan rekor tingkatan penerimaan yang kecil.

Di masing- masing universitas teratas ini, tutur ia, biasanya cuma ada kurang lebih 10 persen mahasiswa global. Alhasil, bersumber pada data- data itu, bisa disimpulkan kalau kesempatan siswa Asia Tenggara termasuk Indonesia lumayan kecil.

“ Buat mengantisipasi tingginya tekanan serta ketatnya kompetisi dalam cara seleksi, calon mahasiswa butuh menyiapkan diri semaksimal mungkin, jauh saat sebelum periode registrasi dibuka buat menggunakan kesempatan yang semakin kecil ini,” urainya.

Sebab itu, lanjutnya, bila anak didik dari Indonesia mau mendobrak perguran besar terkenal di AS serta Eropa, maka butuh perencanaan yang jauh seperti melaksanakan bimbingan penentuan pengayaan akademik yang pas sehingga profl calon mahasiswa lebih menarik, termasuk persiapan wawancara.

Baginya, siswa Indonesia sesungguhnya cukup terampil dalam aspek akademis serta butuh memperoleh bimbingan serta edukasi yang pas saat sebelum mendaftar, supaya kesempatan diperoleh terbuka luas. Yang perlu dicoba ialah menyiapkan diri menghadapi cara seleksi yang amat ketat, tidak cuma beberapa bulan saat sebelum seleksi serta registrasi saja. Buat peluang terbaik, perencanaan masuk kampus- kampus bergengsi di AS serta Inggris hendaknya diawali semenjak calon mahasiswa duduk di kelas tahun terakhir sekolah menengah pertama.

Tags:#Bisa #Dicoba #Tips #Menembus #Universitas #Kenamaan #Dunia

Leave a Comment